About

About Us

Berdirinya Magister Pendidikan Geografi FIS UNP, diawalidenganpembukaanKosentrasi Pendidikan Geografi pada Tahun 2011yang berlanjut pada tahun 2012 denganKetuaKosentrasi Prof. Dr. Dedi Hermon, MP, di SekolahPascasarjana UNP. Mulai tahun 2013, Program Studi Magister Pendidikan Geografiresmiberdiri di FakultasIlmuSosial (FIS), Universitas Negeri Padang. Ketua Program Magister Pendidikan Geografi yang pertamaadalah Prof. Dr. Dedi Hermon, MP (2013- Februari 2018) yang kemudiandilanjutkan oleh Dr. Iswandi, M.Si (Mei 2018- September 2023), dan mulai pada September 2023, Magister Pendidikan Geografi Kembali di pimpin oleh Prof. Dr. Dedi Hermon, MP. Dosen pada Program Magister Pendidikan Geografimerupakandosen-dosen yang berkualitasmengembangkankeilmuanGeografi dan Pendidikan Geografi, yang sudahmemilikikualifikasiDoktor dan Profesor. Selain itu, terdapat dua orang dosenasingdari Dept. Geografi Universitas Malaya (QSWUR 59 – pada tahun 2023) dan dua dosenpraktisi

Tujuan Program Studi Magister (52) Pendidikan Geografi PPS FIS UNP adalah sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Geografi yang memiliki kemampuan pedagogik dalam bidang Pendidikan Geografi, andal dalam berfikir sistem, kritis, kreatif, dan inovatif untuk pengembangan penyelenggaraan Pendidikan Geografi
  2. Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Geografi yang beriman, bertaqwa, berilmu, dan berkemampuan yang tinggi dalam mendukung pembangunan wilayah yang berbasis keruangan untuk meminimalisir kebencanaan dan menyokong pembangunan yang berkelanjutan
  3. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran geografi yang berkualitas agar lulusan dapat merencanakan, melaksanakan, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran geografi secara profesional
  4. Mengembangkan laboratorium berbasis SIG sehingga dapat menunjang kegiatan penelitian geografi serta mengembangkan berbagai multi media serta model pembelajaran geografi
  5. Aktif memecahkan masalah di bidang Pendidikan Geografi baik di tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional

Tujuan Program Studi Magister (52) Pendidikan Geografi PPS FIS UNP adalah sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Geografi yang memiliki kemampuan pedagogik dalam bidang Pendidikan Geografi, andal dalam berfikir sistem, kritis, kreatif, dan inovatif untuk pengembangan penyelenggaraan Pendidikan Geografi
  2. Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Geografi yang beriman, bertaqwa, berilmu, dan berkemampuan yang tinggi dalam mendukung pembangunan wilayah yang berbasis keruangan untuk meminimalisir kebencanaan dan menyokong pembangunan yang berkelanjutan
  3. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran geografi yang berkualitas agar lulusan dapat merencanakan, melaksanakan, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran geografi secara profesional
  4. Mengembangkan laboratorium berbasis SIG sehingga dapat menunjang kegiatan penelitian geografi serta mengembangkan berbagai multi media serta model pembelajaran geografi
  5. Aktif memecahkan masalah di bidang Pendidikan Geografi baik di tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional

Kualifikasi lulusan Program Studi Magister Pendidikan Geografi PPS FIS UNP ml mampu memenuhi tuntutan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2006 tentang Guru dan Dosen. Dosen dan guru geografi harus profesional dibidangnya, baik dalam hal keilmuan, teori-teori geografi, metode, dan teknik analisis dalam pembelajaran geografi. Selain itu kualifikasi program juga mengacu pada KKNI, sehingga progam studi ml menitik beratkan pada:

  1. Memiliki kemampuan akademis yang menguasai ilmu Geografi yang memiliki watak profesional dan integritas sosial yang tinggi
  2. Memiliki kemampuan dalam menciptakan kebutuhan tenaga profesional dibidang Pendidikan Geografi, geografi fisik, geografi manusia, mitigasi bencana, dan rekayasa ruang yang berguna bagi masyarakat
  3. Memiliki Kemampuan mengembangkan kompetensi akademik dan profesional dalam penyiapan SDM dalam bidang Pendidikan Geografi yang berkualitas
  4. Memiliki kemampuan untuk menumbuhkan sikap terbuka, tanggap terhadap perkembangan ilmu, teknologi serta permasalahan yang dihadapi dun;a Pendidikan Geografi
  5. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan respon yang kritis terhadap gejala-gejala fisik dan Iingkungan sosial masyarakat dalam menghadapi permasalahan kebencanaan

Sesual dengan vlsi, misi, tujuan, dan sasaran tersebut di atas, profil lulusan yang ingin dihasilkan oleh Prodi Magister (52) Pendidikan Geografi PPS FIS UNP adalah sebagal berikut

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  3. Mampu merigelola riset dan pengembangannya yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional
  4. Mampu memberikan pembelajaran geografi yang berbasis teknologi balk ditirigkat sekolah maupun di tingkat perguruan tinggi.
  5. Mampu memberikan sumbangan fikiran dan tenaga dalam geografi fisik, geografi manusia, dan mitigasi bencana dan pembangunan yang berkelanjutan.
  6. Mampu berfikir kritis dan sistematis dalam proses pembelajaran geografi
  7. Mampu mengemban amanat menjadi pemimpin yang berkompetensi dan berkualitas serta memiliki karakter nilai-nilai bangsa, balk pada lembaga pemerintah, swasta, maupun ditengah-tengah masyarakat.

Dengan profil yang demikian, lulusan prodi mi dapat mengisi kebutuhan akan guru dan dosen bidang studi Pendidikan Geografi (di sekolah dan di LPTK). Kebutuhan ml sangat mendesak karena jumlah lulusan Mgister bidang studi mi masih kurang, sementara permintaan sangat banyak

Discover all Helix Ultimate Features

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum has been the industry’s.