25 - 09 - 2017
Language Swithcer
English French German Italian Portuguese Russian Spanish
Pengumuman
Login Form

Berita selengkapnya
Beasiswa
Selamat Datang Di Website Prodi Pasca Sarjana Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial

profile pasca

 Indonesia merupakan negara yang sangat memprioritaskan pendidikan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan mampu berkiprah secara profesional dalam menghadapi percaturan regional dan global. Sumber daya manusia tersebut dapat dihasilkan melalui pendidikan nasional yang berkualitas. Sesual dengan UndangU ndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), perguruan tinggi mempunyai peran dan fungsi strategis dalam menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, jujur, berkualitas, demokratis, dan mampu menghadapi tantangan dan persaingan antarbangsa. Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 108/DIKTI/Kep/2001 juga mengisyaratkan bahwa pemerintah memberi kesempatan yang luas kepada Perguruan Tinggi maupun Sekolah Tinggi di tanah air, untuk mengembangkan program studi sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Bangsa dan negara Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang unggul dan mampu berkiprab secara profesional dalam menghadapi percaturan regional dan global. Sumber daya manusia tersebut dapat dihasilkan melalui pendidikan nasional yang berkualitas.

 
Berkaitan dengan hal itu, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa guru dan dosen adalah tenaga yang profesional di bidangnya. Guru dan dosen adalah tenaga pendidik yang profesional, yang berperan dalam memajukan pendidikan di Indonesia, termasuk Pendidikan Geografi. Selanjutnya, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengamanatkan pada perguruan tinggi untuk menyusun kerangka penjenjangari kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesual dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Berdasarkan hal tersebut, khusus tentang kualifikasi yang dipersyaratakan untuk dapat mengajar di perguruan tinggi adalah,minimal,setingkat S-2(magister).

 

Pendidikan Geografi yang berkualitas perlu ditingkatkan secara berkesinambungan. Untuk mewujudkan hal itu,perlu disediakan dan disiapkan tenaga Pendidikan Geografi yang profesional dan terampil mengajarkan geografi pada jenjang pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi. Dengan demikian, kemanfaatan yang sangat penting dengan adanya program stiidi (prodi) baru mi adalah dapat dihasilkan lulusan Magister (S2) Pendidikan Geografi yang mampu menghasilkan pembaharuan dan temuan di bidang Pendidikan Geografi, sehingga proses dan pembelajaran geografi dapat ditingkatkan. Kualitas, keunggulan, dan keandalan tenga pendidik, serta tenaga profesional akan tercermin pada kualifikasi pendidikan, profesionalitas, dan keahlian yang dimilikinya. Hal ml dapat diwujudkan melalui program studi Magister yang sesuai, terencana, melembaga, dan dikelola secara balk. Manifestasi program tersebut adalah perlunya penyelenggaraan program Magister (S2) Pendidikan Geografi di Fakultas limu Sosial Universitas Negeri Padarig

 

Galery
Pimpinan Fakultas
PIMPINAN GIF.gif
Agenda
September 2017
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
Web Link
Pengunjung
155360
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
131
120
251
154271
4137
3662
155360

Admin Fis Unp 54.156.67.164
Server Time: 2017-09-25 18:39:06